Tips! Cara Masuk SBMPTN Dan USM Universitas Sriwijaya

http://fisika.mipa.unsri.ac.id/

Tips! Cara Masuk SBMPTN Dan USM Universitas Sriwijaya - Kebetulan saya termasuk Mahasiswa Universitas Sriwijaya angkatan 2017, di sini saya akan membagikan pengalaman selama mengikuti Tes Di Unsri sampai saya jadi salah satu Mahasiswanya seperti sekarang.

Untuk masuk Di Universitas ini sendiri terbilang Cukup Sulit, Karna saingan Para Peserta Tesnya yang sangat banyak dan ketat, Misalkan dari 100% Peserta yang ikut Tes di Unsri, biasanya yang di terima di bawah 50% atau mungkin lebih rendah lagi, Tergantung dengan Kuota yang di Tetapkan Unsri. Dan itupun Sainganya Meliputi Nasional, Alias SMA/SMK di seluruh Indonesia.
Jadi Di sini saya akan membagikan Beberapa Pengalaman saya selama Ikut Tes SBMPTN dan USM, Saya juga akan membagikan Tips! Gimana sih Caranya Lulus Tes SBMPTN Dan USM di Unsri itu ?

Tips! Cara Masuk SBMPTN Dan USM Universitas Sriwijaya 

1. Ikuti Bimbingan Belajar atau Les

Nah, biasanya Bimbingan Belajar itu akan selalu ada ketika Hendak memasuki Ujian Nasional ataupun Kelulusan sekolah. Mereka biasanya datang bersosialisasi untuk memberikan Penyuluhan kepada anak-anak SMA ataupun SMK untuk masuk ke Universitas Favorite yang mereka inginkan.

Jadi jika di sekolah kamu ada orang-orang datang untuk Bersosialisasi ataupun memberikan Penyuluhan baik itu dari Instansi pendidikan, Organisasi, ataupun Para Kakak-kakak Mahasiswa. Kamu harus simak baik-baik Informasi yang mereka sampaikan.

Karna saya dulu juga gitu, ingatlah apa yang mereka katakan, kalau perlu kamu catat agar kamu tidak lupa.

Dan biasanya mereka tidak hanya sekedar memberikan Penyuluhan dan Bersosialisasi saja, tapi mereka juga akan menawarkan Bimbingan Belajar ataupun Les untuk kamu agar siap Ikut Tes dan Lulus.

Bimbigan Belajar (Les) yang mereka Tawarkan Harus! Kamu ikuti, karna Beberapa kasus yang terjadi, biasanya anak-anak yang ikut Bimbingan Belajar (itu) Peluang lulusnya lebih besar di banding dengan yang tidak ikut.

Karna di SMA saya saja yang ikutan Bimbingan Belajar (Les) itu kebanyakan Lulus ketika mengikuti Tes SBMPTN atau USM, dan bahkan ada juga yang lulus di Universitas Ikatan Dinas, seperti STAN, atau IPDN. Keren bukan?

Jadi jangan Takut atau Males untuk ikutan Bimbingan Belajar, baik itu yang ada di sekolah ataupun di Luar lingkungan sekolah, Karna apa yang kamu pelajari di Bimbingan Belajar (Les) biasanya akan Keluar di Soal-Soal yang akan kamu Temui di SBMPTN atau USM nanti.

2. Pelajari Lagi Soal-Soal SBMPTN Tahun Lalu

Ketika saya ikutan tes Sbmptn dan Usm Tahun kemarin, saya Tak hanya mengulangi pelajari yang ada di sekolah tapi juga, mempelajari soal-soal Tahun kemarin.

Hal yang bisa kamu lakukan untuk menemukan Soal-Soal Sbmptn atau Usm Tahun kemarin, adalah kamu bisa melihat Tutorial di Youtube atau Search di Google. Dan biasanya kakak-kakak Yang pernah mengikuti Tes Sbmptn/Usm itu Soalnya akan di berikan oleh pengawas ketika Ujian Tersebut telah selesai, dan Boleh di bawah Pulang.

Jadi jika kamu ada Temen yang pernah mengikuti Tes Sbmptn/Usm, ataupun ada kenalan anak Unsri, boleh tu kamu Minta atau minjem soal-soal milik mereka Tahun kemarin, karna biasanya Soal-soal Tahun kemarin ada yang memiliki beberapa kesamaan dengan Soal yang akan datang.

Saya pas mau Tes Sbmptn dan Usm kemarin saja juga sama, kesana-kesini Nyari soal Sbmptn/Usm Tahun Kemarin di Kakak tingkat dan Temen, dan setelah dapet saya pelajari soal-soalnya.

Dan ternyata benar saja, ketika Pas mengikuti Tes Sbmptn Soal-soal yang saya pelajari kemarin banyak yang masuk.

Tapi jika kamu tidak mendapatkan soal Sbmptn Tahun kemarin di temen atau Kakak tingkat, kamu bisa juga Kok mencarinya di Mbah Google, Beli Buku SBMPTN di Toko Buku, atau Download aplikasinya di Google Playstore, dengan Kata Kunci "Soal SBMPTN" pasti ada.

lalu cari Soal-soal SBMPTN yang akan kamu ikuti nanti, Misalnya Soshum (IPS) atau Saintek (IPA). dan pilih Soal yang Tahunya deket dengan Angkatan Kamu ya, Misalkan kamu Lulus Dari SMA atau SMK tahun 2018, maka kamu harus cari Soal-soal SBMPTN yang Tahun 2018/2017 atau 2016.

Tapi perlu di ingat biasanya soal-soal yang memiliki kesamaan itu biasanya berupa Teori dan Logika, seperti Contoh pelajaran Sejarah, Geografi, Dan Sejenisnya. biasanya soal Logika itu Berupa kumpulan gambar yang di Pecah dan memiliki Persamaan tapi beda, Ngerti gak maksudnya?

Kalau gak ngerti nih salah satu Contoh Soal Tes Logika kamu untuk SBMPTN dan USM nanti. "Awas jangan Terkecoh! soal ya, Harus Teliti dan Gunakan Logikamu dengan Cermat".

Perlu di Ingat Soal Logika ini biasanya akan selalu ada di di SBMPTN ataupun USM, Jadi kamu harus pelajari betul-betul soal ini dengan Benar, Jika kamu kesulitan atau susah memahaminya, cara terbaik agar kamu Mampu memahaminya ialah :
  • Melihat Tutorial di Youtube
  • Search di Google
  • Ikutan Les
  • Beli Buku SBMPTN atau USM Tahun 2017/2018 di Toko Buku/Gramedia
  • Download atau Beli Ebook (Buku Electronik) di Website atau lainya 
  • Atau tanya dengan Orang-orang yang sudah pernah bertemu dengan soal-soal Logika Seperti ini
Dan untuk soal-soal yang bukan merupakan Teori alias Rumus itu jarang memiliki kesamaan dengan soal-soal yang akan datang. Misalnya Mtk, Fisika, dan Kimia.

Jadi untuk yang soal berupa Rumus kamu bisa belajar sendiri di rumah, ikutan Les, atau belajar bersama teman/Diskusi, Nanya di Guru, atau melihat Tutorial di Youtube ya, jangan Patah semangat!.

Pada Dasarnya Soal yang berupa Logika seperti gambar di atas itu mudah kok menjawabnya, Jika kamu sudah paham satu soal saja yang berupa Logika, Saya jamin kamu pasti akan Paham dengan Soal-soal selanjutnya.

3. Melihat Tutorial Di Youtube Atau Quipper Video

Maksudnya kamu bisa tu Melihat cara mengerjakan soal-soal Sbmptn yang belum kamu pahami di Youtube/Quipper Video misalnya Matematika atau Fisika.

Berdasarkan Pengalaman saya kemarin, Rata-Rata di Youtube itu kebanyakan Tutorial yang abal-abal, alias Gak Jelas, jadi Intinya Carilah Tutorial yang benar-benar Menjelaskan tentang cara menjawab Soal SBMPTN dengan Cepat dan Benar, Baik itu Tips & Trik menjawab Soal MTK, Fisika, Geografi, Sejarah, B.Indonesia, B.Inggris, Maupun Kimia.

Dan jangan Lupa juga cari Tutorial cara menjawab Soal SBMPTN yang berupa Logika seperti Poin yang Nomor Tiga tadi, Biar ketika Ujian nanti kamu mudah untuk menjawab Soal-soal yang berupa Logika Formal, Rumus-Rumus MTK, Kimia, B.Inggris, Geografi, Dan Matematika dengan Cepat dan Benar.

Sebagai Referensi kamu bisa Melihat Hal Tersebut di Quipper Video atau Youtube.

4. Berusahalah Untuk Menjawab Semua Soal

Nah, hal ini wajib kamu ketahui, karna Berdasarkan Pengalaman saya kemarin ketika saya ikutan tes SBMPTN Tahun 2016 kemarin, kebanyakan soal yang tidak saya pahami seperti MTK, Dan Fisika. Tidak saya isi alias saya kosongkan, Karna saya takut jika soal itu saya isi dengan asal-asalan, maka saya akan mendapat -1 untuk setiap satu jawaban yang salah.

Tapi jangan Takut dulu, Jika kamu menemui beberapa Soal yang Menurutmu sangat sulit untuk kamu jawab, alangkah Baiknya soal tersebut kamu tinggalkan dulu dan Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu untuk Mempersingkat waktu, karna ketika Ujian nanti kamu akan di beri waktu yang sangat singkat untuk menjawab lebih dari 100 Soal yang Rumit.

Tapi jika semua soal yang mudah sudah kamu selesaikan semua, maka soal yang sulit tadi bisa kamu isi, jika masih kesulitan untuk mengisinya, Pakailah Logika dan Instingmu untuk Mengisinya, jangan sampai soal tersebut kamu kosongkan ya.

Perbandingan Nilai di Setiap Ujian baik di SBMPTN atau USM
  • Satu jawaban yang kosong = 0
  • Satu jawaban yang Benar = +4
  • Satu jawaban yang Salah = -1
Jadi jika kamu tidak bisa menjawab soal/Kosong, itu hitungan untuk satu soalnya adalah 0, dan untuk satu soal yang betul itu hitungan Nilainya adalah +4, dan Untuk satu Jawaban yang salah itu -1.

Saran saya, berusahalah untuk menjawab semua soal yang ada, Jikapun soal tersebut menurutmu sangat sulit, Berusahalah untuk menjawabnya dengan Logika atau Instingmu, karna Berdasarkan Pengalaman saya, Lembar jawaban yang banyak kosong itu termasuk Penilaan.

Dan Jika kamu Ragu-Ragu untuk menjawab, Langkah Terakhir yang bisa kamu lakukan adalah isi dengan Cara "Tembak Lurus", jangan di Zik zag ya, Karna jika jawaban Tembak Lurus itu
Peluang dapet jawaban yang betul lebih besar di banding yang jawaban Tembak Zig Zag.

Tapi hal ini tidak wajib loh kamu ikuti, ini hanya saran saja dari saya ya, jangan salah Persepsi.

5. Pilihlah Jurusan Yang Sesuai Dengan Bidang Jurusanmu Di SMA/SMK

Maksudnya ketika kamu mau pilih Jurusan ketika Mendaftar Untuk Tes SBMPTN atau USM nanti, pilihlah Jurusan yang sesuai dengan Jurusan kamu ketika SMA.

Misalnya kamu merupakan Siswa IPS, ya Jurusan yang harus kamu Pilih untuk Ikut Tes nanti harus sesuai dengan IPS, yaitu TKPA Soshum, yang Meliputi Soal-soal Umum yang pernah kamu pelajari sebelumnya waktu SMA.

Seperti, Geografi, Mtk, Sejarah, B.Indonesia, B.Inggris, atau PPKN.

Dan jika kamu merupakan anak IPA, ya Jurusan yang bisa kamu pilih untuk ikut Tes nanti harus sesuai juga dengan IPA, yaitu TKD Saintek yang meliputi soal-soal umum yang pernah kamu pelajari sebelumnya di Jurusan tersebut.

Seperti, Fisika, Mtk, Biologi, atau Kimia.

Tujuanya, ketika kamu Ikut Tes nanti, kamu akan mendapatkan Soal-soal yang sesuai dengan apa yang kamu Pilih ketika pas Mendaftar. Misalnya kamu anak IPS dan kamu Ambil Yang Jurusan atau Soal-soal TKD Saintek yang meliputi Fisika, Kimia, atau Biologi, kan gak enak ketika Tes nanti kamu tidak bisa Menjawab, karna Pelajaran tersebut belum pernah kamu pelajari sebelumnya di Jurusanmu ialah IPS.

Karna itu jangan salah Pilih ya, Karna hal tersebut sudah pernah Terjadi Kepada saya Tahun kemarin, karna itu ketika Tes SBMPTN dan USM tahun 2016 kemarin saya tidak Lulus, karna saya Kekeh ambil Jurusan anak IPA.

Saya adalah anak IPS tapi ketika Mendaftar saya Ambil Jurusanya anak IPA dan Mengikuti Tes TKD Saintek, ala Hasil ketika Tes saya tidak Lulus. Karna kebetulan Parodi Jurusan untuk Lulusan IPA kebanyakan Jurusan Favorite saya, seperti Teknik Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Sejenisnya, karna Kebetulan saya sangat Menyukai Dunia Programer dan Komputer.

Tapi sayang Ketika ikut Tes dengan Mengambil Jurusan Sistem Informasi yang merupakan Parodi untuk jurusan anak IPA saya tidak Lulus, Jadi karna itu di Tahun 2017 saya Pindah Haluan dan Mengambil Jurusan yang sesuai dengan Parodi Jurusan IPS, Yaitu Ekonomi Pembangunan. dan Pada akhirnya saya Lulus dan menjadi Mahasiswa Unsri seperti sekarang ini.

Walau ada Sedikit Penyesalan dengan Jurusan yang saya Tempuh sekarang, ya mau Gimana lagi udah terlanjur, Walau Mata Kuliahnya Berat-berat, ya di Paksain aja Belajarnya. Mungkin udah Jalanya.

Jadi karna itu untuk Adik-Adik atau Kakak-kakak, jangan sampai salah Pilih Jurusan Ya, daripada masuk Unsri Tapi Jurusan yang di ambil tidak sesuai, Mendingan ambil yang Swasta aja, Tapi Jurusan yang di ambil sesuai dengan Kemauan.

6. Ikuti Pedoman Dan Syarat Yang Ada Di Website Atau Kartu Ujianmu

Untuk Tips ini memang terdengar agak Nyeleneh ya? Tapi perlu di ingat bahwa Tips yang Nomor 6 ini sangat sering di abaikan Oleh para Peserta Ujian.

Maksudnya Ketika Hendak ikut Tes nanti, pastikan bahwa kamu sudah membaca semua Syarat dan Pedoman Untuk Peserta Tes SBMPTN/USM 2018 yang ada pada Website Unsri atau di Kertas Ujian yang sudah kamu Print.

Walau Begitu biasanya ada beberapa Syarat yang tidak ikut tercantum di Kartu Ujian yang sudah kamu Print, Misalnya Kartu Tanda Pengenal atau kartu Pelajar.

Hal ini juga sempat terjadi ketika saya ikut Tes SBMPTN pada Tahun 2016 Kemarin, Padahal di Kartu Ujian maupun di Website Unsri tidak Tercantum untuk Membawa Kartu Pelajar ketika mau Ujian, Tapi ketika Ujian Berlangsung, eh saya malah di tanya Begini oleh pengawas "Mana Kartu Pelajar kamu" saya pun Menjawab "Kan di Kartu tidak di sebutkan Bu untuk Bawa Kartu Pelajar" Tanpa Basa - basi sih pengawas itupun langsung Mencatat nama saya. Kan gak adil tu.

Entah untuk apa Nama saya di Catet oleh sih Pengawas, Mungkin Hal tersebut juga termasuk kedalam Penilaan Mereka kali ya? Tapi yang Jelas kamu Harus bawa ya KTP atau Kartu Pelajar, walaupun di Syarat Ujian SBMPTN/USM tidak Tercantum.

Hal - Hal Yang Harus Kamu Bawa Ketika Tes Nanti
  1. Alat Tulis yang Lengkap Dan Memenuhi Standar
  2. KTP atau Kartu Pelajar
  3. Ijazah Potocopy/Asli yang telah di Legalisir maupun yang Belum
  4. Kartu Ujian
  5. Papan Ujian
  6. Kalau Perlu Bawa Rapot, Kartu Keluarga, atau Akte Kelahiran, untuk Jaga-Jaga, Mungkin nanti di Tanyai oleh Pengawas
Dan perlu di ingat ketika Ujian nanti Pakailah Pakaian yang Bebas Tapi Pantas, Seperti Kemeja yang Memiliki Kerah. dan Jangan Lupa untuk Datang ke Lokasi Ujian Tepat Waktu ya.

7. Kurangi Jam Bermain Dan Perpanjanglah Jam Belajar

Bermain itu sebenernya sah-sah saja, Terlebih lagi sekarang lagi Gencar-Gencarnya Permainan Mobile Legends, Yang bisa di Akses oleh siapa saja dan dimana saja.

Tapi Perlu di ingat ketika kamu Ingin Bener-bener lulus di Universitas Sriwijaya atau Universitas Favorite kamu, Mulai dari sekarang Kurangilah jam Bermainmu dan Perbanyaklah Jam belajarmu. Karna Otak yang banyak di isi oleh Permainan seperti Mobile Legends Cenderung akan Susah Menagkap Pelajaran.

Jadi jika Ingin lulus SBMPTN/USM Tahun ini, Banyak-banyaklah Belajar, Dan belajarpun tidak hanya bisa kamu Peroleh di Lingkungan sekolah saja, Melainkan juga bisa kamu dapatkan di Luar Lingkungan Sekolah.

Praktek Belajar yang Praktis dan Jitu yang bisa kamu Terapkan Untuk Mengasah Daya Ingat, Skill, Logika, ataupun Insting, adalah dengan Cara Banyak Membaca, Kurangi Nonton Drama Korea, Sinetron, Kartun, apalagi FTV, tapi perbanyaklah Nonton Berita, atau Hal- Hal yang berkaitan dengan Dunia Pendidikan.

Serta Kurangi Bermain Facebook, Instagram, Whattsap, Line, atau BBM, untuk Hal-Hal yang Gak penting!, Melainkan Gunakan Sosial Media tersebut dengan Bijak, Misalnya Mencari Informasi untuk Menambah Wawasan.

Tujuanya, untuk Menghapus Daya ingat kamu yang bersifat Negatif dengan Daya ingat baru yang bersifat Positif.

Dan Biar Otak kamu Lebih Cerdas lagi, Pelajari lagi pelajaran-pelajaran yang di ajarkan oleh Guru ketika di kelas, Biar Pelajaran tersebut bisa Lengket Permanen di Otak kamu, Kalo bisa Baca Berulang kali Pelajaran-pelajaran yang tidak kamu mengerti, Kalau masih gak Bisa Baca 1000 Kali kalau perlu. "Jangan Males"

8. Jaga Kesehatan Dan Tidur Yang Cukup

Kesehatan juga termasuk Tips Yang bisa kamu terapkan untuk lulus di Universitas Sriwijaya, Karna jika badan kamu tidak sehat atau Kurang Fit, Ya Gimana mau jawab soal, Ngeliat soal saja sudah Lemes Duluan.

Jadi karna itu Menjaga Kesehatan juga Penting, Dan Kalau bisa Tidurlah dengan waktu yang Cukup, Kurangi Begadang, Perbanyaklah Minum Air Putih ya. Biar ketika Tes nanti Otak kamu itu Fress dan mudah Berpikir dan gak Mudah Pusing Ngeliat Soal yang Rumit.

9. Pilih Parodi Jurusan dengan Penerimaan Kuota Yang banyak

Nah, Hal ini juga telah berhasil di Terapkan oleh banyak orang, Kuota Penerimaan Mahasiswa baru juga Tergantung dengan Daya Tampung Kuota yang ada di Setiap Jurusan Loh.

Jadi ketika Hendak Memilih Jurusan, Pilihlah Jurusan dengan Penerimaan Kuota Mahasiswa Baru Terbanyak, dan Hal ini bisa Kamu lihat di Website Resmi Unsri, ataupun Informasi dari Website lain.

Tapi perlu di Ingat ketika Hendak Search di Goolge, Jangan sampai kamu salah Informasi ya, Maksudnya jika kamu ingin Mengetahui Jumlah Penerimaan Kuota Mahasiswa Baru di Unsri pada Tahun ini, Kata Kunci yang harus kamu ketik ketika hendak mencari di Google atau Website resmi Unsri adalah "Kuota Penerimaan Mahasiswa Unsri 2018" ini yang Betul, Jangan sampai kamu mengetikan kata Kunci "Kuota Penerimaan Mahasiswa Unsri" ini salah.

Karna setiap Tahun itu Jumlah Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Sriwijaya itu pasti Berubah-Ubah setiap Tahunya. Jadi jangan salah Info ya, Liat Betul-betul Tahunya.

Rekomendasi saya Pilih Jurusan Ekonomi Pembangunan aja, Karna Biasanya, Jurusan ini selalu Menyediakan Kuota yang banyak Loh untuk Mahasiswa dan Mahasiswi Baru, Jadi Peluang Masuknya Kemungkinan Besar. Dan Akreditasinya Juga Bagus Banget.

10. Jangan Berhenti Mencoba

Hal ini Real benar-benar terjadi di Hidup saya, Ketika saya Lulus dari SMA 19 Pada Tahun 2016, saya langsung memikirkan untuk melanjutkan kuliah daripada Berkerja, dan orang Tuapun juga menyarankan agar saya Melanjutkan Kuliah aja.

Ala hasil Akhirnya saya memilih untuk Kuliah ketimbang Bekerja pas Lulus SMA, Walaupun banyak yang menyarankan agar saya Ikut Tes Polisi lah, Tentara lah, Tapi saya tidak mau, karna Menurut saya Background saya Bukan ke arah itu, Melainkan Jadi Pengusaha, Karna saya Lebih menyukai Kebebasan.

Dan Universitas yang saya Pilih pada waktu itu, adalah Universitas Sriwijaya, Poltek, Dan MDP. Tapi sayangnya ketika Hendak mau daftar di Poltek yang Letaknya Bersebelahan dengan Unsri, Alias Tentangga, udah Deadline duluan, akhirnya saya Coba untuk ikut Tes di Unsri dengan Mengambil Parodi Jurusan anak IPA yaitu Perternakan, dan Agrobisnis, dan ala hasil saya Gak lulus SBMPTN 2016 kemarin, entah karna salah ambil Parodi atau emang Otak sayanya yang Gak Nyampek.

Tapi ketika sebelum Mendaftar di Unsri saya Terlebih dahulu Mempunyai Rencana Mendaftar di Universitas Ikatan Dinas Yaitu IPDN, Tapi sayangnya saya Juga Terhalang Deadline sama kayak Poltek tadi.

Sekitar Selang Satu Bulan kemudian, Eh Unsri Buka Gelombang Kedua yaitu USM (Ujian Saringan Masuk), banyak yang bilang bahwa Gelombang kedua ini peluang masuknya lebih besar di banding SBMPTN. tapi sayangnya saya Gak ikut USM pada Tahun 2016 Kemarin, karna Terlambat Daftar.

Dan pada Akhirnya saya Nunggu Deh Satu Tahun, Sambil Buka Usaha Rental PS Plus Nyaga Warnet untuk mengisi Satu Tahun Tersebut.

Pas Tahun 2017, Saya Daftar lagi Tuh SBMPTN Unsri, Karna Akreditasi Unsri Kebetulan Bagus, dan Ketika Mendaftar saya masih Penasaran Tuh dengan Mitos bahwa Peluang anak IPS masuk Jurusan Parodi anak IPA itu Mustahil, Dan akhirnya saya Coba-coba lagi ngambil Jurusan anak IPA, yaitu Sistem Informasi, Teknik Komputer, dan Teknik Informatika.

Di pikiran saya pada waktu itu "Bodoh amat apa Kata orang, Jika belum di coba kan kita gak Tau Hasilnya", Walaupun pada Akhirnya saya Tetap Gagal untuk Masuk di Teknik Informatika, Tapi gak apalah, yang penting sudah mencoba.

Dan Akhirnya saya Juga Gak Lolos di SBMPTN Di Tahun 2017 Kemarin karna Jurusan yang saya ambil Melenceng dari Baground saya yang merupakan anak IPS. Tapi saya Masih Gak Patah semangat untuk Mencoba.

Dan pada Percobaan yang ketiga Yaitu USM Unsri 2017, pada waktu itu saya Pilih Jurusan yang sesuai dengan Baground saya sebagai anak IPS yaitu, Ekonomi Pembangunan, Manajement, dan Sistem Informasi, saya sengaja Menaruh Ekonomi Pembangunan pada Urutan Pertama karna Kuota Penerimaan Mahasiswa Ekonomi pada saat itu lagi banyak. dan saya masih Gak Kapok untuk menaruh satu Jurusan Parodi anak IPA ialah Sistem Informasi di urutan ketiga.

Dan Setelah Lihat Pengumumanya pada Tahun 2017 Kemarin, Eh Saya Lolos di Unsri dengan Penetapan Jurusan Ekonomi Pembangunan, Alhamdulilah ya. Walaupun pada akhirnya ada sedikit Rasa Kesal karna Gak masuk Jurusan Komputer dan Programan, ya sudahlah Ikhlasin aja mungkin nasip saya bukan di situ.

Jadi Intinya Jika kamu Gagal masuk SBMPTN Unsri di Tahun ini, Cobalah untuk ikut Gelombang Berikutnya, ialah USM (Ujian Saringan Masuk), Tapi jika kamu masih Gak Lolos juga di USM, Cobalah untuk Mencoba lagi di Tahun berikutnya ialah Tahun 2019, Tapi jika kamu masih gak masuk juga. ya udahlah Terserah kamu mau mencoba ikut Tes lagi di Tahun 2020, atau Ingin masuk Swasta aja? "Jangan Lupa Pertahatiin Umur ya"

Saya aja di Tahun 2016 Gak Lolos SBMPTN dan nyoba lagi di Tahun 2017 Untuk Ikut SBMPTN dan Gak lolos, Tapi saya Gak Kapok, dan akhirnya Ikutan lagi USM di Tahun, Dan akhirnya saya masuk deh Hehee.

PENTING!!, Ingat ketika Hendak mendaftar SBMPTN atau USM nanti jangan sampai salah mengurutkan Jurusan ya, Untuk Urutan Pertama itu isikan dengan Jurusan yang sesuai dengan Background kamu ketika SMA seperti IPA ya Jurusan anak IPA atau IPS ya Harus Jurusan anak IPS, karna Hal ini sering di abaikan Oleh banyak orang.

Misalkan kamu anak IPS, isikan di urutan pertama itu Jurusan Untuk Anak IPS, seperti Ekonomi Pembangunan, Akutansi, atau Manajemen.

1. Contoh Urutan Anak IPS Yang Benar

- Ekonomi Pembangunan (IPS)
- Manajemen (IPS)
- Akutansi (IPS)

 Atau Boleh Juga Menaruh satu atau Dua Jurusan anak IPA seperti ini (Benar)

- Ekonomi Pembangunan (IPS)
- Manajemen (IPS)
- Teknik Komputer (IPA)

2. Contoh Urutan Anak IPA Yang Benar

- Sistem Informasi (IPA)
- Teknik Informatika (IPA)
- Teknik Sipil (IPA)

 Atau Boleh Juga Menaruh satu atau Dua Jurusan anak IPA seperti ini (Benar)

- Sistem Informasi (IPA)
- Teknik Informatika (IPA)
- Ekonomi Pembangunan (IPS)
Perlu di ingat jika kamu memasukan satu atau Dua Jurusan yang Melenceng dari Background Kamu di SMA Sebelumnya, seperti Contoh di atas, maka kamu akan Mengikuti Ujian Campuran alias Gabugan antara Soal-Soal TKD Saintek (IPA) dan TKPA Soshum (IPS). jadi kamu bukan hanya harus belajar pelajaran anak IPS tapi Juga Pelajaran anak IPA ya.

Emang ini apa Gunanya Kak? Berdasarkan Pengalaman saya selama Ikut Tes kemarin, Ini juga sepertinya Mempengaruhi Penilaian. seperti Teman saya kemarin Gak Lolos USM Unsri 2017 Karna salah meletakan urutan Jurusan, Entah ini benar atau Tidak, yang pasti ini saran dari saya ya, Boleh kamu ikuti atau boleh juga untuk tidak kamu ikuti.

11. Perbanyaklah Berdoa Dan Sholat Tahajud

Dan yang terakhir ini jangan sampai kamu Lewatkan ya, Karna Usaha Tanpa Doa itu hasilnya akan sia-sia. Jika kita hanya mengandalkan Kerja, Kerja, Dan Kerja, ya hasil yang akan kita peroleh nanti bakalan gak maksimal, sebaliknya jika kita hanya Berdoa dan Berdoa tanpa Kerja Keras, ya hasilnya pun juga gak jauh beda.

Jadi karna itu jangan meremehkan Doa ya, jangan Males untuk Berdoa, Biar apa yang Telah kita Pelajari bisa Lengket di Otak, dan apa yang ingin Kita Gapai bisa Terkabul. salah satunya Masuk SBMPTN Unsri ini.

Dan satu lagi, jangan lupakan Sholat Tahajud, karna Manfaat dari Sholat Tahajud itu banyak loh, Apalagi jika setelah Sholat Tajahud kita Berdoa Kepada Sang Maha Pencipta. Peluang terkambulnya Doa kita akan semakin besar. Karna di Waktu larut malam itu adalah waktu yang paling Susah untuk Bangun, apalagi di di atas Jam Dua Belas Malam.

Jadi jika kamu ingin Lulus perbanyalah Sholat Tahajud dan Berdoa ya, jangan Lupa untuk Di Bukain Pikiran kamu ituloh, Ketika Tes nanti kamu mudah Menjawab Soal dan Insyallah Lulus.

Mungkin itu saja Pengalaman yang bisa saya bagikan Kepada Adik-Adik dan Kakak-Kakak yang ingin Mengikuti Tes SBMPTN atau USM di Universitas Sriwijaya Nanti, Semoga Tips serta Penjelasan di atas Bermanfaat Bagi Semua.

Dan jangan Lupa Kurangi Waktu Bermain, Perbanyaklah Ibadah, Berdoa, dan Belajar ya, Semoga kalian nanti Lulus semua di Universitas Favorite Masing-masing.

Jika Tulisan di atas ada yang Kurang Lengkap, atau Kamu ada Pertanyaan yang ingin di Tanyakan kepada saya, Silahkan Koment di Bawah Ya.

Sampai Jumpa di Universitas Sriwijaya, Kami Tunggu Kehadiranya, Good Luck!.

2 Komentar untuk "Tips! Cara Masuk SBMPTN Dan USM Universitas Sriwijaya "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel